Sekali selamat tetap selamat?

Dari sisi sejarah, Arminius membuktikan bahwa Bapa² gereja sebelum jamannya selalu (dengan beberapa kecuali misal: Ausgustinus) mengajarkan bahwa orang percaya selalu bisa jatuh dalam dosa dan kehilangan keselamatan. Arminius mengatakan bahwa Alkitab mengajarkan bahwa mereka yang sudah diselamatkan perlu untuk diperingati secara serius akan bahaya Apostasy (perpisahan dari iman) sebagai suatu yang nyata dan mungkin terjadi. Peringatan terhadap Apostasy dapat ditemukan diseluruh kitab dalam Perjanjian Baru kecuali dalam Filemon dan 3Yoh. Terkadang dalam satu kitab peringatan akan bahaya Apostasy ini muncul sampai beberapa kali misalnya dalam kitab Ibrani atau 1Tim. Calvinist terkenal Thomas Schreiner mengatakan bahwa doktrin arminian bahwa orang percaya dapat kehilangan keselamatannya jauh lebih alkitabiah. Tapi karena Thomas Schreiner menganut doktrin unconditional election maka dia tidak bisa menganut doktrin arminian bahwa orang percaya dapat kehilangan keselamatan.

Tentu saja, jika seseorang sudah menganut doktrin unconditional election maka konswekuensi logikanya orang percaya tidak akan kehilangan keselamatannya. Tapi apakah sebuah doktrin harus disesuaikan dengan doktrin lainnya (sistematik) walaupun doktrin tersebut tidak cocok dengan ajaran Alkitab? Pertanyaannya disini apakah Alkitab mengajarkan kemungkinan Apostasy (perpisahan dari iman)?


Perjanjian Baru

Kitab Ibrani. Kitab Ibrani secara kesuluruhan memuat banyak sekali peringatan² terhadap bahaya Apostasy. Misalnya Ibr 2:1-4 ; 3:7 ; ; 6;4-6, 12 ; 10:19-39 ; 12:1-24.
Ayat Ibr 6:4-6 dan Ibr 10:19-39 bisa dibilang pemaparan terjelas doktrin ini.

* Ibrani 6:4-6
6:4 Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya, yang pernah mengecap karunia sorgawi, dan yang pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus,
6:5 dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yang akan datang,
6:6 namun yang murtad lagi, tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghina-Nya di muka umum.



Dalam kutipan ayat diatas bisa ada 5 point yang penting:

1. Mereka yang pernah diterangi hatinya.
kata 'yang pernah diterangi hatinya' (inggris: entlightened ; Ibrani: Photizomai) muncul ditempat lain yaitu di Ibr 10:32.

*Ibrani 10:32
Ingatlah akan masa yang lalu. Sesudah kamu menerima terang, kamu banyak menderita oleh karena kamu bertahan dalam perjuangan yang berat,


2. Mereka yang mengecap karunia surgawi.
kata 'mengecap' bahasa Ibraninya geuomai yang secara literal artinya 'mengalami' (Ibr 2:9). Ada yang beranggapan bahwa 'mengecap' disini hanyalah mengecap sebagian (partial) tidak sepenuhnya. Tapi keberatan ini tidak berdasar. Dalam Ibr 2:9 kita melihat bahwa Tuhan Yesus mengalami maut. Kita tidak akan mengatakan bahwa Yesus tidak sepenuhnya mati.

3. Pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus (partakers[
of the Holy Spirit
, NASB).
Bahasa ibrani yang dipakai untuk Partakers adalah metochos yang muncul diayat lain:

* Ibrani 3:14
Karena kita telah beroleh bagian di dalam Kristus, asal saja kita teguh berpegang sampai kepada akhirnya pada keyakinan iman kita yang semula.


Seseorang yang mendapat bagian Roh Kudus pasti seorang kristen. Menerima karunia Roh Kudus adalah cara yang biasa untuk menyatakan apa artinya menjadi seorang kristen. Kis 2:38-39 dan Gal 3:14 hanya sebagian dari banyak contoh.

4. Mengecap firman yang baik dari Allah.
Mereka digambarkan sebagai orang yang pernah mengecap firman yang baik dari Allah. Ini berarti mereka telah merasakan/mengalami kebaikan dari apa yang Allah katakan (Bandingkan 1Pet 2:3).

5. Merasakan karunia² yang akan datang.
Bisa diartikan juga sebagai mukjizat (Ibr 2:4), intinya adalah pekerjaan supernatural.

Dari bukti² diatas, sulit rasanya membantah bahwa penulis Kitab Ibrani sedang berbicara tentang orang kristen yang jatuh.

* Ibrani 10:26
Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu.



PREDESTRINASI, silahkan baca di : http://www.sarapanpagi.org/viewtopic.php?p=369#369

APAKAH ORANG KRISTEN TERBEBAS DARI MAUT : baca di http://www.sarapanpagi.org/viewtopic.php?p=372#372

UNLIMITED ATONEMENT : baca di http://www.sarapanpagi.org/unlimited-at ... vt186.html


Sumber : Yohannes/Biblika

Disalin dari: SarapanPagi Biblika

0 komentar:

Posting Komentar