AMPUN - PENGAMPUNAN

Perjanjian Lama


* Yeremia 18:23
LAI TB, Tetapi Engkau, ya TUHAN, Engkau mengetahui segala rancangan mereka untuk membunuh aku. Janganlah ampuni (KÂFAR) kesalahan mereka, dan janganlah hapuskan dosa mereka dari hadapan-Mu, tetapi biarlah mereka tersandung di hadapan mata-Mu; bertindaklah pada hari murka-Mu terhadap mereka!
KJV, Yet, LORD, thou knowest all their counsel against me to slay me: forgive not their iniquity, neither blot out their sin from thy sight, but let them be overthrown before thee; deal thus with them in the time of thine anger.
Hebrew,

וְאַתָּה יְהוָה יָדַעְתָּ אֶת־כָּל־עֲצָתָם עָלַי לַמָּוֶת אַל־תְּכַפֵּר עַל־עֲוֹנָם וְחַטָּאתָם מִלְּפָנֶיךָ אַל־תֶּמְחִי וְהָיוּ מֻכְשָׁלִים לְפָנֶיךָ בְּעֵת אַפְּךָ עֲשֵׂה בָהֶם׃ ס
Translit, VE'ATÂH YEHOVÂH YÂDA'TÂ 'ET-KÂL-'ATSÂTÂM 'ÂLAY LAMÂVET 'AL-TEKHAPÊR 'AL-'AVONÂM VEKHATÂ'TÂM MILEFÂNEYKHA 'AL-TEMKHÎ VEHÂYU MUKHSYÂLÎM LEFÂNEYKHA BE'ÊT 'APEKHA 'ASÊH VÂHEM


Dalam Perjanjian Lama, tiga kata dipakai untuk menerangkan gagasan pengampunan. Kata Ibrani כפר - KÂFAR berarti penebusan, dan sering dipakai berhubungan dengan korban-korban, dengan arti bahwa pendamaian sudah terjadi.


* Kejadian 50:17
LAI TB, Beginilah harus kamu katakan kepada Yusuf: Ampunilah (NÂSÂ') kiranya kesalahan saudara-saudaramu dan dosa mereka, sebab mereka telah berbuat jahat kepadamu. Maka sekarang, ampunilah (NÂSÂ') kiranya kesalahan yang dibuat hamba-hamba Allah ayahmu." Lalu menangislah Yusuf, ketika orang berkata demikian kepadanya.
KJV, So shall ye say unto Joseph, Forgive, I pray thee now, the trespass of thy brethren, and their sin; for they did unto thee evil: and now, we pray thee, forgive the trespass of the servants of the God of thy father. And Joseph wept when they spake unto him.
Hebrew,

כֹּה־תֹאמְרוּ לְיֹוסֵף אָנָּא שָׂא נָא פֶּשַׁע אַחֶיךָ וְחַטָּאתָם כִּי־רָעָה גְמָלוּךָ וְעַתָּה שָׂא נָא לְפֶשַׁע עַבְדֵי אֱלֹהֵי אָבִיךָ וַיֵּבְךְּ יֹוסֵף בְּדַבְּרָם אֵלָיו׃
Translit, KOH-TO'MRÛ LEYÔSÊF 'ÂNÂ' SÂ' NÂ' PESYA' 'AKHEYKHA VEKHATÂ'TÂM KÎ-RÂ'ÂH GEMÂLÛKHA VE'ATÂH SÂ' NÂ' LEFESYA' 'AVDÊY 'ELOHÊY 'ÂVÎKHA VAYÊVEKH YÔSÊF BEDABERÂM 'ÊLÂV


Kata נשא - NÂSÂ' berarti membawa, menggambarkan secara hidup dosa diangkat dari si pendosa lalu dibawa jauh.


* Imamat 4:20
LAI TB, Beginilah harus diperbuatnya dengan lembu jantan itu: seperti yang diperbuatnya dengan lembu jantan korban penghapus dosa, demikianlah harus diperbuatnya dengan lembu itu. Dengan demikian imam itu mengadakan pendamaian (KÂFAR) bagi mereka, sehingga mereka menerima pengampunan (SÂLAKH).
KJV, And he shall do with the bullock as he did with the bullock for a sin offering, so shall he do with this: and the priest shall make an atonement for them, and it shall be forgiven them.
Hebrew,

וְעָשָׂה לַפָּר כַּאֲשֶׁר עָשָׂה לְפַר הַחַטָּאת כֵּן יַעֲשֶׂה־לֹּו וְכִפֶּר עֲלֵהֶם הַכֹּהֵן וְנִסְלַח לָהֶם׃
Translit, VE'ÂSÂH LAPÂR KA'ASYER 'ÂSÂH LEFAR HAKHATÂ'T KÊN YA'ASEH-LÔ VEKHIPER 'ALÊHEM HAKOHÊN VENISLAKH LÂHEM


סלח - SÂLAKH berarti mengampuni. כפר - KÂFAR berarti penebusan dan סלח - SÂLAKH senantiasa dipakai mengenai pengampunan ilahi, נשא - NÂSÂ' dikenakan juga kepada pengampunan insani.


Pengampunan tidak dianggap gampang terjadi, dan toh harus ada.


* Ulangan 29:20
maka TUHAN tidak akan mau mengampuni orang itu, tetapi murka dan cemburu TUHAN akan menyala atasnya pada waktu itu; segenap sumpah serapah yang tertulis dalam kitab ini akan menghinggapi dia, dan TUHAN akan menghapuskan namanya dari kolong langit.


* 2 Raja-raja 24:4
dan juga oleh karena darah orang yang tidak bersalah yang telah ditumpahkannya, sebab ia telah membuat Yerusalem penuh dengan darah orang yang tidak bersalah, dan TUHAN tidak mau mengampuninya.


* Yeremia 5:7
Bagaimana, kalau begitu, dapatkah Aku mengampuni engkau? Anak-anakmu telah meninggalkan Aku, dan bersumpah demi yang bukan allah. Setelah Aku mengenyangkan mereka, mereka berzinah dan bertemu ke rumah persundalan.


* Ratapan 3:42
Kami telah mendurhaka dan memberontak, Engkau tidak mengampuni.



Ayat-ayat di atas berbicara tentang Allah yang tidak mengampuni dosa-dosa tertentu. Pengampunan -- kalau terjadi -- dianggap sesuatu yang ajaib, diterima dengan perasaan syukur. Dosa harus dihukum, justru pengampunan adalah anugerah yang menakjubkan.


* Mazmur 130:4
Tetapi pada-Mu ada pengampunan, supaya Engkau ditakuti orang.



Kadangkala pengampunan dihubungkan dengan penebusan. סלח - SÂLAKH sering dipakai berhubungan dengan korban-korban, כפר - KÂFAR berarti penebusan berarti membuat pendamaian, נשא - NÂSÂ' dipakai bukan hanya mengenai pengampunan dosa, tetapi juga mengenai penerimaan hukuman karena dosa, dan nampaknya dua hal ini berhubungan satu sama lain.


Allah bukanlah oknum keras yang tidak mau mengampuni dosa kecuali ada sesuatu sebagai gantinya. Dia-lah Allah Anugerah, yang sendiri menentukan jalan pendamaian. Korban-korban berlaku hanya karena Dia memberikan darah untuk menjadikan pendamaian.


* Imamat 17:11
Karena nyawa makhluk ada di dalam darahnya dan Aku telah memberikan darah itu kepadamu di atas mezbah untuk mengadakan pendamaian bagi nyawamu, karena darah mengadakan pendamaian dengan perantaraan nyawa.



Perjanjian Lama tidak mengenal Allah yang tidak mau mengampuni atau yang harus disuap supaya rela mengampuni. Pengampunan terjadi hanya karena Allah sudi mengampuni.


*Nehemia 9:17
Mereka menolak untuk patuh dan tidak mengingat perbuatan-perbuatan yang ajaib yang telah Kaubuat di antara mereka. Mereka bersitegang leher malah berkeras kepala untuk kembali ke perbudakan di Mesir. Tetapi Engkaulah Allah yang sudi mengampuni, yang pengasih dan penyayang, yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia-Nya. Engkau tidak meninggalkan mereka.


* Daniel 9:9
Pada Tuhan, Allah kami, ada kesayangan dan keampunan, walaupun kami telah memberontak terhadap Dia,


* Keluaran 34:6
Berjalanlah TUHAN lewat dari depannya dan berseru: "TUHAN, TUHAN, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya,



Keluaran 34:6 di atas mengajarkan bahwa pengampunan didasarkan pada hakekat Allah yang penuh kasih karuna. Tetapi pengampunan tidak sembarangan: Allah tidak mengampuni yang salah. Manusia yang ingin menerima pengampunan harus bertobat. Mereka yang tidak mau bertobat, tidak akan memperoleh pengampunan.



Ada cara lain menggambarkan pengampunan.


* Mazmur 103:12
sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita.


* Yesaya 38:17
Sesungguhnya, penderitaan yang pahit menjadi keselamatan bagiku; Engkaulah yang mencegah jiwaku dari lobang kebinasaan. Sebab Engkau telah melemparkan segala dosaku jauh dari hadapan-Mu.


* Yesaya 43:25
Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu.


* Yeremia 31:34
Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka."


* Mikha 7:19
Biarlah Ia kembali menyayangi kita, menghapuskan kesalahan-kesalahan kita dan melemparkan segala dosa kita ke dalam tubir-tubir laut.



Bahasa yang hidup seperti ini menekankan kesempurnaan pengampunan ilahi. Dosa-dosa yang diampuni telah dihapus sama sekali, Allah tidak melihatnya lagi.

Perjanjian Baru



* Matius 6:12
LAI TB, dan ampunilah (APHIÊMI) kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni (APHIÊMI) orang yang bersalah kepada kami;
KJV, And forgive us our debts, as we forgive our debtors.
TR, και αφες ημιν τα οφειληματα ημων ως και ημεις αφιεμεν τοις οφειλεταις ημων
Translit, KAI APHES HÊMIN TA OPHEILÊMATA HÊMÔN HÔS KAI HÊMEIS APHIEMEN TOIS OPHEILETAIS HÊMÔN


* 2 Korintus 2:7
LAI TB, sehingga kamu sebaliknya harus mengampuni (KHARIZOMAI) dan menghibur dia, supaya ia jangan binasa oleh kesedihan yang terlampau berat.
KJV, So that contrariwise ye ought rather to forgive him, and comfort him, lest perhaps such a one should be swallowed up with overmuch sorrow.
TR, ωστε τουναντιον μαλλον υμας χαρισασθαι και παρακαλεσαι μηπως τη περισσοτερα λυπη καταποθη ο τοιουτος
Translit, HÔSTE TOUNANTION MALLON HUMAS KHARISASTHAI KAI PARAKALESAI MÊPÔS TÊ PERISSOTERA LUPÊ KATAPOTHÊ HO TOIOUTOS


Perjanjian Baru Yunani menggunakan dua kata kerja, yaitu χαριζομαι - KHARIZOMAI, melepaskan secara anugerah, αφιημι - APHIÊMI dan kata benda αφεσις - APHÊSIS, melepaskan. Dalam Lukas 6:37 terdapat απολυω - APOLUÔ, melepaskan, dan dalam Roma 3:25 terdapat παρεσις - PARÊSIS, membiarkan dosa pada masa lampau.


* Lukas 6:37
LAI TB, Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah (APOLUO) dan kamu akan diampuni (APOLUÔ).
KJV, Judge not, and ye shall not be judged: condemn not, and ye shall not be condemned: forgive, and ye shall be forgiven:
TR, και μη κρινετε και ου μη κριθητε μη καταδικαζετε και ου μη καταδικασθητε απολυετε και απολυθησεσθε
Translit, KAI MÊ KRINETE KAI OU MÊ KRITHÊTE MÊ KATADIKAZETE KAI OU MÊ KATADIKASTHÊTE APOLUETE KAI APOLUTHÊSESTHE


* Roma 3:25
LAI TB, Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan (PARÊSIS) dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.
KJV, Whom God hath set forth to be a propitiation through faith in his blood, to declare his righteousness for the remission of sins that are past, through the forbearance of God;
TR, ον προεθετο ο θεος ιλαστηριον δια της πιστεως εν τω αυτου αιματι εις ενδειξιν της δικαιοσυνης αυτου δια την παρεσιν των προγεγονοτων αμαρτηματων
Translit, HON PROETHETO HO THEOS HILASTÊRION DIA TÊS PISTEÔS EN TÔ AUTOU HAIMATI EIS ENDEIXIN TÊS DIKAIOSUNÊS AUTOU DIA TÊN PARESIN TÔN PROGEGONOTÔN HAMARTÊMATÔN


Ada beberapa hal yang jelas ditekankan dalam Perjanjian Baru. Orang berdosa yang diampuni harus juga mengampuni orang lain, demikian ditulis dalam Doa Bapa Kami dan ayat-ayat yang senada. Bersedia mengampuni orang lain menjelaskan apakah kita telah benar-benar bertobat atau tidak. Pengampunan ini harus ikhlas, seperti pengampunan Kristus terhadap kita yang merupakan sumbernya.


* Kolose 3:13
Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.



Hal ini ditekankan oleh Yesus Kristus dalam perumpamaan, misalnya dalam Matius 18:21-35. Dalam perumpamaan ini, Yesus mengajarkan bahwa pengampunan Allah, sekalipun diberikan dengan cuma-cuma kepada semua orang berdosa yang bertobat, namun tetap ada syaratnya juga, yaitu sampai sejauh mana si calon penerima bersedia mengampuni sesamanya. Dengan kata lain, seseorang dapat kehilangan pengampunan Allah dengan tetap menyimpan dendam dan tidak bersedia mengampuni orang lain.



Pengampunan pernah dihubungkan langsung dengan salib Kristus, tetapi lebih sering dihubungkan dengan Yesus Kristus sendiri.


* Matius 26:28
Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.


* Efesus 1:7
Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya,


* Kisah Para Rasul 5:31
Dialah yang telah ditinggikan oleh Allah sendiri dengan tangan kanan-Nya menjadi Pemimpin dan Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa.


* Kisah Para Rasul 13:38
Jadi ketahuilah, hai saudara-saudara, oleh karena Dialah maka diberitakan kepada kamu pengampunan dosa.


* Efesus 4:32
Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.



Dengan ini dapat dikaitkan ayat-ayat yang berbicara tentang Yesus yang berkata bahwa dosa manusia diampuni. Tapi oknum Kristus tidak dapat dipisahkan dari karya-Nya, diampuni oleh Kristus berarti diampuni karena Siapa Dia dan apa karya-Nya. Pengampunan tidak boleh dimengerti di luar salib, karena kematian-Nya sering dikatakan karena dosa. Selain ayat-ayat khusus yang mengaitkan pengampunan dengan kematian Kristus, hal ini dibuktikan oleh banyak ayat mengenai kematian Yesus Kristus yang melakukan penebusan dosa.


* Markus 2:10
Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu:




Pengampunan didasarkan pada pekerjaan Kristus yang mendamaikan dan menebus, karena itu merupakan tindakan anugerah.


* 1 Yohanes 1:9
Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.



Pada pihak manusia, sering ditekankan bahwa ia harus bertobat. Yohanes Pembaptis memberitakan bahwa orang harus bertobat dan memberi dirinya dibaptis, yang dialihkan oleh Petrus pada baptisan Kristen.


* Kisah Para Rasul 2:38
demikianlah Yohanes Pembaptis tampil di padang gurun dan menyerukan: "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu."


* Markus 1:4
Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.




Yesus Kristus menyuruh bahwa dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa.



* Lukas 24:47
dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.




Pengampunan juga dikaitkan dengan iman.


* Kisah Para Rasul 10:43
Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya.


* Yakobus 5:15
Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.



Yohanes 20:23 berkata, "Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada." Tidak dapat dibayangkan bahwa Yesus Kristus membiarkan manusia menentukan apakah dosa manusia lain terampuni atau tidak. Tampaknya ayat ini berarti bahwa di bawah pengilhaman Roh Kudus, pengikut Yesus Kristus dapat mengetahui secara teliti manusia mana yang dosa-dosanya dapat diampuni, dan mana pula yang tidak dapat diampuni.


Jakarta, Pebruari 2008


Disalin dari :
Yohanes/ Biblika

0 komentar:

Posting Komentar